» » Ladies, tebak kondisi kesehatanmu dari siklus menstruasi bulanan | yudha aryaseta - adsradiofm.com


Ketika menstruasi datang, wanita mengalami beberapa hal yang tidak nyaman seperti kram, perut kembung, pusing, atau mual. Beberapa wanita juga mengalami mood swing yang tidak terkontrol ketika sedang menstruasi. Semua hal ini terjadi karena perubahan hormonal dan sangatlah normal.

Siklus menstruasi menjadi tidak normal ketika beberapa hal terjadi seperti pendarahan berat atau warna darah yang abnormal. Dan menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, hal ini bisa menjadi tanda dari penyakit tertentu. Berikut adalah penjelasannya.

Tidak menstruasi
Penyebab paling umum dari siklus menstruasi yang berhenti mendadak adalah kamu hamil atau kamu mengalami menopause. Namun jika tidak keduanya, sebaiknya kamu waspada sebab bisa jadi itu adalah gejala dari sindrom ovarium polikistik, kelenjar tiroid yang tidak normal, lemak tubuh rendah, atau stres yang ekstrim.

Nyeri menstruasi yang menyakitkan
Nyeri saat menstruasi memang adalah hal yang normal. Namun jika nyeri tersebut terasa sangat menyiksa hingga membuatmu sulit beraktivitas, maka bisa jadi itu adalah tanda dari penyakit endometriosis, fibroid, atau kelainan struktural dalam rahim.

Pendarahan berat saat menstruasi
Darah menstruasimu yang keluar terlalu banyak hingga membuatmu harus mengganti pembalut tiap jam? Kemungkinan kamu menderita hemofilia atau fibroid. Pendarahan berat saat menstruasi juga kadang terjadi akibat ketidakseimbangan hormon, perubahan hormon estrogen dan progesteron, hingga tanda dari kanker rahim.

Siklus menstruasi tidak teratur
Siklus menstruasi yang tidak teratur juga sering dialami oleh beberapa wanita. Ketidakseimbangan hormon, polip, hingga fibroid terkadang menjadi penyebabnya. Oleh karena itu jika kamu mengalaminya, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Well, kamu sering mengalami salah satu dari gangguan di atas? Segera cek kondisi kesehatanmu ke dokter!

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama