» » [tanya dokter] Bintik-bintik di bibir yang terasa lengket dan gatal ?

"selamat sore dok, setelah saya makan buah sawo bibir saya terasa lengket,gatal,bintik2,dan setelah saya garuk karena tdk tahan sekarang dipinggir bibir saya memerah menjadi luka yg sudah mengering(koreng)padahal saya sudah mencuci mulut saya sebelum terasa lengket,gatal,dan muncul bintik2 itu. Dan kemudian setelah saya makan udang bibir saya juga terasa gatal,lengket, muncul bintik2 seperti itu Apakah saya alergi pd makanan tertentu? atau gejala penyakit yg                              lain dok? Mohon penjelasannya dokter, terima kasih"



Halo Mba Erni, 
Terima kasih atas pertanyaannya,

Adanya kondisi kulit bibir yang bintik-bintik ayng disertai dengan rasa gatal dapat dikategorikan sebagai peradangan pada kulit. Peradagan kulit yang terjadi dapat berupa alergi ataupun kondisi lainnya. Adapun beberapa kondisi yang dapat menyebabkan timbulnya gatal dan bintik-bintik tersebut adalah sebagai berikut
  1. Adanya alergi terhadap suatu zat makanan ataupun zat asing dari luar tubuh.
  2. Varicella atau dikenal sebagai cacar air. Kondisi ini dapat disertai dengan demam dan nyeri pada otot
  3. Herpes Zoster
  4. Acne Vulgaris /Jerawat
  5. Infeksi kulit lain akibat virus
  6. Impetigo, kondisi ini merupakan salah satun infeksi kulit akibat bakteri
  7. Infeksi Jamur
  8. Adanya kondisi medis lainnya.
Alergi yang dirasakan seseorang dapat berbeda-beda. Namun, pada umunya terjadi pada kulit. Jika kondisi alergi memburuk dapat menyebabkan keluhan yang dirasakan semakin meluas dan secara sistemik (dirasakan di seluruh tubuh). Bahkan yang paling berat dapat terjadi anaphylaxis yaitu dimana tubuh berespon sangat kuat terhadap bahan alergen tersebut menyebabkan sesak napas sampai penurunan kesadaran. 
Alergi merupakan kondisi yang cukup sulit untuk dikenali. Sering kali diwaktu yang lalu Anda tidak mengalami hal ini sebelumnya, namun saat ini, saat mengkonsumsi bahan makan tertentu makan akan terjadi respon gatal seperti alergi. 




Adapun kondisi yang dapat memicu alergi

1.             Adanya perubahan cuaca

2.            Mengkonsumsi makanan yang memicu alergi seperti seafood terutama yang tidak segar

3.            Stress

4.            Kurang istirahat

5.             Nutrisi yang tidak seimbang

6.            Dehidrasi

Kondisi yang Anda rasakan saat ini merupakan iritasi kulit yang masih mungkin disebabkan oleh berbagai hal. Untuk mengurangi keluhan dapat pertimbangkan beberapa hal berikut:
  1. Menghindari beberapa bahan makanan yang dapat memicu alergi, misalnya seafood, terutama yang tidak segar.
  2. Menjaga nutrisi makanan yang cukup dan seimbang dengan porsi buah dan sayur yang ditambah
  3. Menjaga hidrasi tubuh dengan minum minimal 8 gelas sehari.
  4. Perhatikan penggunaan sabun mandi Anda dengan PH yang seimbang. Hindari penggunaan sabun mandi dengan antiseptik kuat.
  5. Hindari menggaruk karena dapat memperparah kondisi gatal dan beresiko terjadinya infeksi sekunder.


Untuk menentukan penyebab dari kondisi bintik-bintik dan gatal yang timbul pada Anda sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Sehingga dapat dilakukan penanganan yang sesuai kondisi Anda dengan optimal. Demi mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut. Jika memang Anda terdiagnosis dengan alergi makanan, untuk mencegah terjadinya alergi terhadap bahan makanan lainnya, konsultasikann mengenai tes alergi dengan dokter Anda.  

Berikut artikel yang terkait




Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermafaat.

Salam, dr. Tiwi

sumber : alodokter.com

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply