TfMlGpA0TSd6GUd6GSGlBUM9BY==

Ratusan polisi di Polda Papua Barat minta mutasi ke Bali


Adsradiofm.com - Ratusan polisi di Kepolisian Daerah Papua Barat mengajukan permohonan mutasi atau pindah tugas ke Bali. Alasan mereka, ingin berkumpul dengan sanak saudara di Bali. Polda Papua Barat memang Polda baru yang anggotanya banyak yang dimutasi dari wilayah lain.

"Ini fenomena menarik yang tidak dimiliki suku lain di Indonesia selain Bali. Ada sekitar 350 orang yang minta mutasi ke Bali," kata Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Rudolf A Rodja di Manokwari, Minggu (30/7). Demikian dikutip dari Antara.

Dia mengutarakan, 350 personel yang tersebar di sejumlah polres, satuan dan direktorat tersebut ingin mengabdi di desa adat masing-masing. Di sisi lain, mereka ingin dekat bersama keluarga.

Meskipun demikian, kata Rodja, dia belum bisa mengabulkan seluruh permohonan mereka, mengingat Polda Papua Barat tergolong baru dan masih membutuhkan banyak personel.

"Seluruh personel warga Bali ingin mengabdi di desa adatnya. Itu bagus, tapi semua dikabulkan akan timbul masalah baru di jajaran Polda Papua Barat terutama menyangkut personel," kata dia.

Terkait permohonan itu, kata dia, pihaknya akan melakukan penilaian dengan melihat skala prioritas. Ia berharap personel paham dan mengutamakan tugas yang diberikan negara.

"Saya setujui, tapi tidak semuanya kita pindahkan. Saya berharap mereka paham dan dinamika satuan harus diutamakan," ujarnya lagi.

Mantan Wakapolda Papua ini menyebutkan setiap anggota Polri harus siap menjalankan tugas dimana pun. Bagi pria berdarah Nusa Tenggara Timur ini, dimana pun tempat tugas yang diberikan negara semua memilih tanggungjawab yang sama.

Dia membeberkan cukup banyak warga Bali yang bertugas sebagai anggota Polri di wilayah Papua. Pengajuan mutasi besar-besaran baru terjadi di Papua Barat.

Kapolda memaklumi niat polisi yang menginginkan pindah ke kampung halaman. Alasan mereka cukup manusiawi serta tidak melanggar aturan kepolisian.

"Kita sedang melakukan survei di kalangan personel. Akan diseleksi untuk mengabulkan permohonan mereka secara bertahap," katanya menambahkan.

Dia menambahkan, saat ini Polda Papua Barat baru memiliki sebanyak empat ribu polisi, sedangkan kebutuhan ideal sebuah Polda adalah 11 ribu personel.

"Kita sudah mengajukan penambahan ke Mabes, dikabulkan namun akan dilakukan secara bertahap," katanya.

Sumber : Merdeka.com

Komentar0

Type above and press Enter to search.