» » 6 Jenis lemak dalam tubuh manusia, sudahkah kamu mengetahuinya?


Adsradiofm.com - Apa yang pertama kali muncul di pikiranmu ketika mendengar kata lemak? Pasti berhubungan dengan kegemukan, menyebabkan naiknya kolesterol, hingga penyakit mengerikan lainnya.

Well, hal ini tidak berlebihan. Sebab menumpuknya lemak jahat dalam tubuh yang dipicu dengan konsumsi makanan tidak sehat memang bisa memberikan efek demikian. 

Lebih dari itu, lemak tubuh sendiri ternyata memiliki banyak macamnya. Dan tak semuanya bersifat jahat, lho. Dilansir dari boldsky.com, ini dia penjelasannya.

Lemak esensial
Sama seperti namanya, lemak esensial penting untuk kehidupan manusia. Lemak ini memiliki fungsi untuk mengatur suhu tubuh, menyerap vitamin, menjaga struktur sel, dan mengatur hormon. Kehilangan lemak ini mampu mengakibatkan menurunnya kesehatan tubuh.

Lemak putih
Lemak putih juga dikenal dengan sebutan lemak adiposit. Lemak ini dinamakan sebagai lemak putih karena sel-sel lemak tersebut berwarna putih akibat rendahnya kepadatan mitokondria dan pembuluh darah. 

Sel lemak putih akan meningkatkan kadar hormon leptin ketika perut terasa penuh. Namun lemak putih bisa kehilangan sensitivitasnya ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat. Akibatnya bisa muncul kegemukan.

Lemak cokelat
Warna cokelat dari lemak ini disebabkan karena lemak ini dikemas dengan mitokondria. Lemak cokelat memiliki kemampuan untuk membakar kalori dari lemak putih.

Lemak krem
Lemak krem merupakan hasil persilangan dari antara lemak putih dan lemak cokelat. Saat berolahraga, otot akan mengeluarkan protein khusus yang bisa mengubah lemak putih jadi lemak krem.

Lemak subkutan
Lemak subkutan adalah lemak yang ditemukan di bawah kulit. Sekitar 90% lemak di tubuh adalah lemak subkutan. Untuk mengurangi timbunan lemak ini, lakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi serta kurangi konsumsi karbohidrat.

Lemak visceral
Lemak visceral merupakan jenis lemak yang tersimpan di rongga perut dan sejumlah organ penting seperti hati, pankreas, jantung, dan usus. Menebalnya lapisan lemak visceral bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2, kanker, serta stroke.

Rajin berolahraga membantu menghilangkan tebalnya lapisan lemak visceral.

Lemak memang ada yang jahat dan ada yang baik untuk kesehatan tubuh. Agar kesehatan tubuhmu selalu terjaga, rajinlah berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat agar lapisan tebal lemak jahat bisa terbakar. 
SUMBER :Merdeka.com

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply