TfMlGpA0TSd6GUd6GSGlBUM9BY==

Jalan Dewi Sartika jadi Dewi Persik, Pemkot Bekasi protes Google


Adsradiofm.com - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bekasi, Jawa Barat, melayangkan surat kepada perusahaan Google perihal konfirmasi perubahan nama Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Bekasi Timur, yang kini menjadi Jalan Dewi Persik dalam layanan Google map. Perubahan ini diduga ulah hacker yang iseng.

"Hari ini kami layangkan surat resmi kepada operator Google perihal perubahan nama ini. Kami ingin tahu alasannya seperti apa, sebab penamaan jalan di Kota Bekasi tidak bisa seenaknya diubah," kata Kepala Diskominfo Kota Bekasi Titi Masrifahati di Bekasi, Senin (7/8) seperti dikutip Antara.

Perubahan nama jalan penghubung jalur protokol Jalan M Hasibuan dengan Jalan Ir H Djuanda itu telah berlangsung sejak 30 Juli 2017 yang nampak melalui layanan Google Map dan dapat diakses publik.
Jalan Dewi Sartika berubah jadi Jalan Dewi Persik di Google Maps ©istimewa

Titi mengaku belum mengetahui alasan penggantian nama dari sosok pahlawan perempuan asal Jawa Barat itu menjadi nama Dewi Persik yang akrab dikenal publik sebagai sosok pedangdut nasional.

"Saya baru dapat laporannya Sabtu (5/8). Hari itu juga saya kontak operator Google untuk meminta klarifikasi, namun belum direspons," katanya.

Titi menyakini perubahan nama itu disinyalir akibat tangan usil 'hacker', namun motifnya sama sekali belum diketahui pihaknya.

"Bisa jadi ada yang iseng, Tapi motifnya apa, saya belum tahu," katanya.

Titi menambahkan Google selama ini menerapkan sistem 'open source' yang memungkinkan publik memberikan masukan atas konten layanan yang tersedia.

"Bisa saja ada orang lain yang memberikan masukan atas layanan nama jalan, tapi kan untuk mengubah yang sudah ada perlu konfirmasi dan persetujuan pihak terkait, jangan seenaknya saja," cetusnya. 
Sumber : Merdeka.com

Komentar0

Type above and press Enter to search.