» » Tahun 2027, Jumlah Penduduk Purwakarta Diprediksi Capai 1 Juta Jiwa


Adsradiofm.com - Saat ini, jumlah penduduk di Kabupaten Purwakarta sebanyak 932 ribu jiwa. Dibutuhkan waktu kurang dari 10 tahun ke depan untuk menggenapkan jumlah penduduk Purwakarta hingga mencapai 1 juta jiwa.

Dalam satu dekade terakhir, sejak kepemimpinan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, penambahan penduduk mencapai kurang dari 12 persen atau terjadi penambahan sekitar 120 ribu-an penduduk atau dari 822 ribu jiwa.

"Jumlah penduduk Purwakarta saat ini sudah termasuk ideal. Jika dalam 10 tahun terakhir penambahan jumlah penduduknya sekitar 12 persen, maka penduduk Purwakarta akan bertambah hingga 1 juta jiwa dalam 10 tahun ke depan," ujar Dedi saat ditanya soal lonjakan jumlah penduduk, Senin (9/10).

Itupun kata dia, jika program keluarga berencana (KB) tetap konsisten dilaksanakan dan disambut baik warga. Menurutnya, penambahan jumlah penduduk hingga 12 persen tidak lepas dari program KB yang dilaksanakan selama 10 tahun terakhir.

"Penambahan 12 persen jumlah penduduk selama saya memimpin saya rasa tidak terlalu buruk karena peran KB berjalan," ujar dia.

Meski penambahan jumlah penduduk sudah jadi keniscayaan, namun ia berharap jumlah penduduk Purwakarta tidak lebih dari 1 juta jiwa. "Kalau bisa jangan mencapai 1 juta jiwa. Karena dengan satu juta jiwa maka akan berdampak pada kualitas pelayanan publik," ujar Dedi.

‎Lonjakan jumlah penduduk kata dia, akan memengaruhi banyak aspek. Pertama soal sarana pemukiman, kualitas lingkungan, infrastruktur hinga terganggunya lahan konservasi untuk pemukiman karena tingginya kebutuhan pemukiman.

"Lonjakan jumlah penduduk kelak akan membenani APBD Purwakarta. Kebutuhan pemukiman meningkat maka lahan konservasi terganggu, setelah dibangun perumahan, jalannya jelek, sanitasi lingkungannya tidak sehat dan kelak pemerintah juga yang akan mengurusnya. Padahal, jika lonjakan jumlah penduduk bisa dikendalikan, maka masalah-masalah itu bisa dihindari. Makanya sejak awal saya memimpin, pengendalian jumlah penduduk jadi fokus perhatian," demikian Kang Dedi.

Sumber : www.rmoljabar.com

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply