TfMlGpA0TSd6GUd6GSGlBUM9BY==

WAYANG GOLEK WARISAN BUDAYA INDONESIA



Adsradiofm.com - Bila membicarakan Kebudayaan di tanah Sunda, tentunya tidak bisa terlepas dari kesenian yang satu ini. Salah satu yang menjadi ciri khas kesenian Jawa Barat yakni wayang golek. Boneka kayu yang terkenal ini terdiri dari bagian-bagian yang saling mendukung seperti adanya seorang dalang yang memainkan boneka berdasarkan cerita.

Selain dalang dan juga wayangnya itu sendiri, bagian yang tidak terpisahkan dari kesenian ini adalah nayaga yaitu grup atau orang yang memainkan gamelan, kendang, gong, rebab dan juru kawih serta juru alok. Adapun jenis-jenis wayang golek ini terdiri dari tiga bentuk berbeda. Ada wayang golek cepak, wayang golek purwa serta yang terakhir adalah wayang golek modern.

Kesenian wayang golek saat ini memang lebih dominan sebagai seni pertunjukan rakyat dan memiliki fungsi yang relevan dengan kebutuhan-kebutuhan masyarakat lingkungannya, baik kebutuhan spiritual maupun material. Ketika di masyarakat ada perayaan, baik hajatan maupun pernikahan biasanya pagelaran wayang golek akan ditampikan sebagai sarana hiburan rakyat. [Tauhid/IndonesiaKaya]




Source : www.indonesiakaya.com

Komentar0

Type above and press Enter to search.