TfMlGpA0TSd6GUd6GSGlBUM9BY==

PEMKAB KARAWANG SIAGA ANTISIPASI BENCANA MUSIM HUJAN

foto : detik.com

 

Karawang - Badan Meteorolgi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi intensitas hujan meningkat di daerah Jawa Barat, tidak terkecuali Karawang. Perihal itu satuan penanggulan bencana gelar kesiapsiagaan kebencanaan dalam antisipasi bencana banjir di Karawang.

"Apel kesiapsiagaan bencana ini, kami mengundang seluruh elemen dari mulai pemerintah, pihak swasta dan berbagai organisasi kerelawanan sebagai antisipasi bencana banjir dalam merespon prediksi BMKG soal intensitas hujan yang meningkat," kata Dandim 0604 Karawang Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo saat diwawancarai usai apel di Makodim, Selasa (2/11/2021).

Dikatakannya, seperti tahun kemarin, intensitas tinggi akan mempengaruhi kenaikan debit beberapa sungai dan menyebabkan banjir di beberapa wilayah.

"Saat intensitas hujan tinggi akan berpengaruh terhadap debit sungai seperti sungai Citarum, Cibeet, Cilamaya dan Cikaranggelam dari pengalam sebelumnya saat debit naik Kecamatan Telukjambe Timur, Cikampek dan Cilamaya terjadi banjir. Dari hal itu kami mengawali persiapan kebencanaannya dengan memeriksa berbagai persiapan fasilitas kebencanaan," katanya.

Adapun fasilitas kebencanaan saat ini diakuinya masih banyak kekurangan.

"Soal ketersediaan perahu, memang dari pengalaman banjir yang dulu itu, memang kekurangan. Dari itu kami akan berupaya menarik kerjasama dengan perusahaan dengan menyediakan perahu karet dan fasilitas lainnya," terangnya.

Lanjutnya, soal tempat pengungsian pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Karawang untuk meminta ruang kelas yang tidak terpakai.

"Kami sudah koordinasi ke Diskdik untuk meminta ruang-ruang kelas dipakai tempat pengungsian agar mencegah kerumunan bila tenda pengungsian tidak mencukupi," terangnya.

Adapun upaya pencegahan klaster banjir katanya, akan diatur pola pengungsian.

"Sesuai yang dijelaskan tadi, dalam pencegahaan penyebaran covid-19 di saat bencana banjir, kami akan atur pola pengungsiannya,"

Komentar0

Type above and press Enter to search.