TfMlGpA0TSd6GUd6GSGlBUM9BY==

14 Tempat Wisata Karawang TerHits!


ADSRADIOFM.COM - Kabupaten Karawang telah lama terkenal dengan kemajuan industrinya, ternyata memiliki keindahan alam yang menarik untuk dikunjungi. Ada beragam tempat wisata Karawang yang bisa Akang Eteh nikmati termasuk jajanan kuliner hingga jalan-jalan bersama keluarga di pusat perbelanjaan modern. 

15 Tempat Wisata Karawang Terhits

Karawang merupakan kota yang memiliki banyak destinasi wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Dari wisata alam hingga wisata budaya, dari kuliner khas hingga tempat perbelanjaan modern, ada banyak pilihan yang bisa menjadi destinasi liburan yang menyenangkan di Karawang. 

1. Curug Cigentis

Curug Cigentis menjadi tempat wisata pertama yang tidak boleh dilewatkan, Terletak di lereng Gunung Sanggabuana, air terjun ini memiliki ketinggian 25 meter dan berada di ketinggian 1000 mdpl dengan udara yang dingin dan sejuk. 

Untuk mencapai lokasi, Akang Eteh arus berjalan kaki sejauh 300 meter dari tempat parkir. Fasilitas yang diberikan, seperti mushola, toilet, dan warung makanan, sangat lengkap dan memadai. 

Selain menikmati keindahan air terjun, Akang Eteh uga bisa menginap di Curug Cigentis dengan mendirikan tenda di lokasi. Tempat ini juga cocok untuk dikunjungi pada malam hari karena pemandangan yang disuguhkan sangat menarik.

2. Pantai Tanjung Baru

Tanjung Baru merupakan salah satu pantai terpopuler yang bisa dikunjungi di Karawang. Meskipun dulunya adalah hutan bakau yang ditebang, kini tempat ini telah diubah menjadi objek wisata yang menarik dengan panorama pantainya yang indah dan ombak yang ramah bagi para wisatawan yang ingin mandi atau berenang. 

Meski di beberapa tempat airnya terlihat keruh, namun berbagai fasilitas yang diberikan sangat beragam dan banyak. Ada panggung hiburan yang menyajikan penampilan artis lokal dan ternama, pasar tradisional yang menjual kebutuhan pokok, serta perahu yang bisa digunakan untuk berkeliling pantai. 

3. Puncak Sempur

Setelah menikmati keindahan pantai, Akang Eteh bisa menenangkan diri di Puncak Sempur yang memiliki pemandangan luar biasa. Berada di ketinggian 712 meter di atas permukaan laut membuat suasana di tempat ini sangat nyaman, menenangkan, dan menyenangkan.

Tidak hanya untuk menikmati pemandangan di atas awan, Anda juga bisa mencoba menikmati alam dengan camping di sini. Tempat wisata Karawang ini memiliki banyak spot foto yang menakjubkan. Alasan terbaik mengapa Anda harus datang ke sini adalah pemandangan di pagi hari yang sayang sekali jika dilewatkan.

4. Vihara Sian Jin Ku Poh

Vihara Sian Jin Ku Poh di Karawang menjadi tempat peribadatan yang menarik perhatian dengan bangunan merahnya. Usianya yang sudah ribuan tahun menjadi bukti sejarah kehidupan masyarakat Tionghoa di Karawang. 

Di pelatarannya yang luas, Anda dapat menyaksikan berbagai pertunjukan dan upacara adat, salah satunya perayaan imlek yang sangat meriah. Meskipun Vihara ini merupakan tempat peribadatan umat Buddha, sistem toleransi antarumat beragama di Karawang sangat kental. 

5. Candi Jiwa

Karawang, meskipun merupakan kota metropolitan, tidak kehilangan pesonanya sebagai tempat wisata bersejarah. Salah satu situs bersejarah yang layak untuk dikunjungi adalah Candi Jiwa yang terletak di dekat garis pantai utara (pantura) Jawa Barat.

Bentuk Candi Jiwa menyerupai bunga teratai dengan struktur melingkar pada bagian tengah yang menyerupai bekas stupa atau lapik patung Buddha.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Tegaljaya, Kecamatan Pakisjaya. Akang Eteh bisa mengunjungi tempat ini pada waktu sore hari untuk menikmati pemandangan indah menjelang senja.

6. Kampung Budaya Karawang

Buat Akang Eteh yang ingin menikmati budaya dan kesenian tradisional, Kampung Budaya Karawang adalah tempat wisata yang patut dikunjungi. Wisata ini didirikan pada tahun 2015 dan bertujuan untuk melestarikan kebudayaan serta kesenian yang dipelopori oleh para seniman.

Kampung Budaya Karawang menyajikan berbagai acara kesenian tradisional dan khas Sunda yang bisa dipelajari dan diikuti oleh pengunjung. Wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi pada waktu sore sambil menikmati suasana dan belajar budaya lokal.

7. Curug Cipanundaan

Wisata selanjutnya yang wajib Akang Eteh kunjungi di Karawang adalah Curug Cipanundan yang berlokasi di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang.
Meskipun agak sulit dijangkau, tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan dan mampu memanjakan mata.

Curug Cipanundan memiliki air terjun yang memasok air ke kolam pertama, kemudian turun ke kolam kedua dan ketiga. Wisata ini sangat cocok bagi para pecinta alam dan penggemar hiking, karena perjalanan menuju ke sana membutuhkan trekking yang menantang.

8. Green Canyon Karawang
Green Canyon Karawang merupakan destinasi wisata di Karawang yang dapat menghipnotis Anda agar nyaman untuk berlama-lama menikmati suasana alamnya. Green Canyon Karawang menawarkan nuansa alami yang berbeda dengan objek wisata air lainnya.


Kondisi Green Canyon Karawang saat ini sangat layak untuk dikunjungi apalagi akhir pekan. Dengan memiliki ragam spot foto yang unik dan instagramable, Green Canyon Karawang juga memiliki fasilitas yang super lengkap.

Adapun lokasi atau alamat Green Canyon Karawang ini berada di Desa Medalsari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Karena terletak di perbatasan antara Karawang dan Bogor, maka tempat ini disebut juga Green Canyon Bogor.

9. Pantai Tanjung Pakis

Tanjung Pakis menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat selama sepekan bekerja di ibukota atau paparan polusi pabrik-pabrik besar. Pemandangan pantai yang begitu indah mampu membius wisatawan dan memberi kenyamanan di setiap kunjungan. Apalagi, berbagai wahana serta fasilitas yang telah disediakan dan dikelola dengan baik.

Objek wisata ini bersebelahan dengan Kabupaten Bekasi, yang berada di pedalaman Karawang. Tepatnya di Desa Tanjungpakis, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang.

10. Pantai Samudera Baru

Selain pantai Tanjung Pakis, terdapat satu pantai lagi yang layak Akang Eteh pertimbangkan yakni pantai Samudera Baru. Pantai ini​ berada di Desa Sungai Buntu, Pedes, Karawang, Jawa Barat​.

Tatkala Anda tiba di pantai ini, akan banyak Anda temui masyarakat yang masih mengandalkan hidupnya pada hasil laut dan tambak. Jika Anda merupakan orang yang suka berlibur menikmati sejuknya angin sepoi -sepoi di pantai, Anda bisa juga mencoba wahana air yang disediakan.

Pantai ini relatif sepi namun cukup bersih dan tidak banyak sampah. Memang, di muara air akan tampak kecoklatan namun makin ke tengah, airnya makin segar dan biru. Pasir pantainya bersih disertai banyak kerang yang bentuknya unik – unik.

11. Bendungan Walahar

Bendungan Walahar terletak di Walahar, Klari, Karawang, Jawa Barat. Bendungan ini merupakan salah satu bangunan peninggalan masa penjajahan Belanda yang masih ada dan kokoh berdiri di Karawang Jawa Barat hingga saat ini.

Secara fungsi, Bendungan Walahar sebagai pengatur debit air sungai Ci Tarum serta mengairi areal persawahan seluas 87.396 hektare yang berada di Kabupaten Karawang.

Selain itu, bendungan ini juga dipakai untuk menahan air bagi penduduk di Karawang bagian utara ketika musim hujan tiba. Dan yang tak kalah menariknya, bendungan ini digunakan pula sebagai sarana rekreasi, lokasi memancing, serta lokasi wisata.

12. Taruma Leisure Waterpark

Mengutip dari laman Taruma Leisure Waterpark, tempat ini merupakan salah satu wisata kolam renang terbesar di Kota Karawang yang menawarkan berbagai macam wahana air yang menantang dan menyenangkan.

Terlebih lagi, Wahana baru Outbound dan Animal Education Farm menawarkan pengalaman yang fantastis dan edukatif untuk anak-anak. Mengusung konsep nuansa alam yang eksotis dengan luas ± 2,5 ha dan mampu menampung 6000 pengunjung, Taruma Leisure Waterpark adalah tempat yang nyaman, teduh dan indah untuk berekreasi bersama keluarga dan teman-teman.

13. Monumen Kebulatan Tekad (Tugu Rengasdengklok)

Kalau Akang Eteh senang wisata sejarah, makan Tugu Rengasdengklok adalah salah satu pilihan yang tepat ketika sedang di Karawang. Monumen ini secara resmi bernama Monumen Kebulatan Tekad. Namun warga masyarakat juga mengenalnya sebagai Tugu Proklamasi.

Lokasinya berada di antara Jalan Raya Tugu Proklamasi dan Jalan Alun-Alun, Desa Rengasdengklok Selatan, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, lebih kurang 23 kilomeneter utara Kota Karawang.

Monumen yang banyak dikenal melalui buku pelajaran sejarah itu dibangun dan diresmikan pada 17 Agustus 1950. Berada di lahan bekas markas pejuang/tentara Pembela Tanah Air (PETA) seluas 1.500 meter persegi.

14. Sentra Kerajinan Boneka
Objek wisata di Karawang berikutnya adalah Sentra Kerajinan Boneka. Ini adalah tempat yang paling tepat untuk Anda kunjungi ketika liburan atau akhir pekan tiba. Destinasi Sentra Kerajinan Boneka beralamat di Kampung Mekar Jaya, Desa Cikampek Utama, Kec. Kotabaru, Kab. Karawang.


Bagi wisatawan yang tertarik berkunjung di Sentra Kerajinan Boneka bisa bernafas lega untuk tiket masuk. Sebab destinasi wisata ini tidak menetapkan biaya apapun bagi para wisatawan.

Tempat wisata di Kabupaten Karawang Jawa Barat ini merupakan kawasan industri penghasil boneka terbesar yang ada di Indonesia. Boneka-boneka yang dihasilkan di tempat satu ini sudah mempunyai konsumen sampai mancanegara.

Komentar0

Type above and press Enter to search.