TfMlGpA0TSd6GUd6GSGlBUM9BY==

Lama Tinggal di Bandung, Pria Asal Papua ini Lupa Bahasa Daerah Sendiri


ADSRADIOFM.COM - Ada banyak kesempatan yang bisa didapat oleh seorang perantau di kota orang, seperti mempelajari budaya dan bahasa masyarakat setempat.  


Tak jarang, perantau tersebut bisa dengan fasih beradaptasi, dan mempelajari bahasa hingga terbawa saat berinteraksi dengan keluarganya karena terlalu lama merantau. 

Momen inilah yang sempat dialami oleh seorang pemuda asal Papua baru-baru ini. 

Pria ini menceritakan pengalamannya lewat akun TikTok miliknya @pace_sunda, Dirinya bercerita saat tak sengaja menggunakan bahasa Sunda ketika berkomunikasi dengan orang tuanya.

Dalam tayangan video, pemuda berkacamata itu terpantau sangat fasih berbahasa Sunda. Bahkan dia menuturkannya dengan nada yang halus dan tepat, layaknya orang Sunda tulen saat menceritakan pengalaman uniknya itu.

“Iyeu urang arek carita, asli iyeu mah. Iyeu urang amun nelpon kolot teh siga naon, kagok kitu nya, lamun ngomong teh sok kacampur kitu,” (Ini saya mau cerita, jujur ini. Ini saya kalau telpon dengan orang tua sepertinya sedikit kagok-cukup sulit/tercampur bahasa Sunda gitu,)” katanya

Dalam kesempatan itu, pemuda tersebut mengatakan bahwa dirinya sempat tertukar bahasa Sunda saat menelpon orang tuanya di Papua.

Dengan reflek, ia lantas menanyakan kabar orang tuanya dengan menggunakan bahasa Sunda di percakapan tersebut hingga membuat orang tuanya terkejut.

“Iyeu kamari pisan, kakarek kamari pisan urang nelpon indung kiye: Halo, mama. Mama punya kabar, kumaha?,” (Ini baru kemarin sekali, baru kemarin saya menelpon ibu begini: Halo, mama. Mama punya kabar bagaimana?) tambahnya

Sang ibu terkejut

Menurut pemuda itu, sang ibu di Papua sempat terkejut dan menanyakan maksud dari pertanyaannya.

“Baru mama bicara balik: kau bicara apa, anak?” katanya, sembari menyadari bahwa bahasanya tercampur dengan Sunda.

“Tidak maksudnya: Mama, sae?” (tidak maksudnya: Mama, sehat?) kata pemuda itu

Setelah menyadari ada bahasa yang tercampur, pemuda itu merasa lucu saat melakukan percakapan itu dan senyum sendiri.

“Urang ngadenge eta seuri sorangan iyeu, nepika ayeuna, matak iyeu urang carita,” (saya mendengar itu senyum sendiri ini, sampai sekarang. Makanya ini saya ingin bercerita tentang kejadian itu,) katanya lagi.

Menurutnya kejadian ini jadi momen yang ia ingat karena unik.

sumber : TikTok/pace_sunda
                 merdeka.com



Komentar0

Type above and press Enter to search.