TfMlGpA0TSd6GUd6GSGlBUM9BY==

Sering Dipakai di Masakan Korea, Ini Bahan yang Digunakan untuk Membuat Gochujang

 


ADSRADIOFM.COM -  Gochujang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pasta kental berwarna merah menyala ini kerap kali digunakan sebagai salah satu bumbu masakan Korea.

Bahkan saat ini, di supermarket Indonesia pun sudah banyak yang menjual pasta gochujang. Sebenarnya, apa saja sih bahan dasar untuk membuat pasta gochujang?

Dilansir dari koreanbapsang.com, gochujang adalah pasta cabai fermentasi asal Korea. Terdapat tiga saus atau pasta fermentasi dasar di Korea, yakni ganjang (pasta kecap), doenjang (pasta kedelai yang difermentasi), dan gochujang.

Gochujang memiliki warna merah cerah dengan rasa gurih, pedas, asin, dan sedikit manis. Pasta gochujang digunakan sebagai bahan dasar untuk membumbui berbagai macam hidangan atau dibuat menjadi berbagai macam saus.

Pasta gochujang memiliki banyak variasi, namun bahan dasarnya biasanya adalah gochugaru (cabai merah Korea), yeotgireum (barley malt), chapsal (beras ketan) atau biji-bijian lainnya, meju garu (bubuk kedelai yang difermentasi), dan garam.

Gochugaru yang digunakan untuk pasta gochujang harus ditumbuk dengan halus. Biasanya pada kemasannya akan ada tulisan gochujang yong (untuk membuat gochujang) atau go un gochugaru (ditumbuk halus).

Barley malt atau yeotgireum adalah barley yang telah berkecambah dan dikeringkan melalui proses malting. Bahan ini akan menambahkan rasa manis dan pedas pada gochujang, serta membantu meningkatkan fermentasi.

Beras ketan dalam pembuatan gochujang akan menambah rasa manis alami dan tekstur lengket.

Mejugaru adalah bubuk kedelai yang difermentasi. Untuk pembuatan pasta gochujang, mejugaru dibuat sedikit lebih lembut sehingga menambah rasa gurih.

Mejugaru menyediakan enzim yang membantu mengembangkan rasa manis dan sederhana saat fermentasi gochujang.

Saat ini, sangat umum untuk menambahkan sirup beras dan atau ekstrak plum dalam pembuatan gochujang. Kedua bahan ini berperan sebagai pemanis tambahan.

Beberapa orang juga menambahkan soju untuk mencegah gochujang rusak atau berjamur selama cuaca sedang hangat.

sumber : koreanbapsang.com

Komentar0

Type above and press Enter to search.