TfMlGpA0TSd6GUd6GSGlBUM9BY==

Terowongan Tol Cisumdawu Retak, Kementerian PUPR Pastikan Aman

images : antarafoto/raisan al farisi
ADSRADIOFM.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pemeriksaan terhadap Terowongan Tol Cisumdawu setelah mengalami gempa bumi di Kabupaten Sumedang pada Minggu, 31 Desember 2023.

Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, dalam keterangannya menyatakan bahwa fasilitas tersebut mengalami retakan akibat gempa bumi. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan, Terowongan Tol Cisumdawu dinyatakan tetap aman.

"Kementerian PUPR menurunkan tim Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga bersama Komite Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) untuk melakukan inspeksi kondisi Terowongan Cisumdawu yang berada di ruas tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan tersebut. Sesuai inspeksi awal tersebut terowongan Cisumdawu saat ini dalam kondisi aman beroperasi," ujarnya dikutip Pikiran-Rakyat.com Selasa 2 Januari 2024.

Endra mengungkapkan bahwa tim pemeriksaan dari Terowongan Tol Cisumdawu melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Direktorat Jenderal Bina Marga serta Komite Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

Pada tahap pascagempa, salah satu aspek krusial yang diperiksa adalah bagian portal terowongan yang diduga terdampak oleh beban gempa.

"Berdasarkan hasil inspeksi awal, tidak ditemukan retakan pada permukaan beton. Pola mirip retakan beton pada terowongan tersebut merupakan tumpukan debu/kotoran yang menempel pada permukaan beton yang tidak rata, yang terlihat seolah dinding mengalami retak," kata Endra.

Selanjutnya, guna memastikan kondisi keseluruhan, dilakukan pemeriksaan rinci yang difokuskan oleh Tim Direktorat Jenderal Bina Marga dan Komite Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ). Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa terowongan aman dalam beroperasi secara menyeluruh, termasuk setelah terjadinya gempa susulan pada Senin, 1 Januari 2024, kemarin.

Terowongan Cisumdawu merupakan bagian dari Jalan Tol Cisumdawu yang memiliki panjang 472 meter. Lokasi terowongan terletak pada Sta. 12+628 – Sta. 13+100, Desa Pamulihan dan Desa Cigendel, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. 

Terowongan Cisumdawu termasuk dalam kriteria terowongan Khusus sebagaimana diatur dalam Permen PUPR No. 10 tahun 2022. Perencanaan terowongan Cisumdawu telah mendapatkan rekomendasi persetujuan desain untuk pelaksanaan konstruksi dan rekomendasi laik fungsi struktur terowongan dari KKJTJ.

Agar kondisi terowongan tetap optimal dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jalan tol, dilakukan pemeliharaan rutin dan berkala. Selain itu, dilakukan pemantauan tahunan yang mencakup pemeriksaan visual dan pemeriksaan kondisi geometrik terowongan.***

Komentar0

Type above and press Enter to search.