TfMlGpA0TSd6GUd6GSGlBUM9BY==

Kartu Biru Bakal Digunakan di Pertandingan Sepak Bola?

 


ADSRADIOFM.COM - 
 Beberapa media internasional baru-baru ini melaporkan bahwa International Football Association Board (IFAB) akan mengizinkan penggunaan kartu biru untuk mewakili pelanggaran sin-bin, seperti yang dilaporkan oleh CBS Sport.

Melansir  The Guardian, para pemain sepak bola dapat diberikan kartu biru dan dihentikan sementara saat terjadi perselisihan atau pelanggaran.

Kartu biru ini diperkirakan akan digunakan bersamaan dengan kartu merah dan kartu kuning, dan akan mengakibatkan pemain harus berhenti bermain selama 10 menit di lapangan.

APA ITU SIN-BINS?

  • Pertama kali dikenalkan di Inggris dalam pertandingan sepak bola dasar pada musim 2019-2020.
  • Aturan sin-bins mengizinkan wasit untuk memberikan kartu kuning ke pemain dan membuat pemain diusir dari lapangan selama 10 menit. 
  • Jika pemain menerima sin-bins selama dua kali dalam satu permainan, mereka nggak diizinkan main dan bisa digantikan. 
  • Aturan sin-bins disebut-sebut dapat mengurangi terjadinya perbedaan pendapat. 

Sumber: CBS Sport

Klarifikasi FIFA Soal Kabar Kartu Biru

“FIFA ingin mengklarifikasi bahwa laporan yang disebut “kartu biru” dalam level elite sepak bola tidak benar dan prematur. Pengujian apapun itu, jika diterapkan, harus dibatasi pada pengujian dengan sikap yang bertanggung jawab di tingkat yang lebih rendah, posisi yang ingin ditegaskan kembali oleh FIFA ketika agenda ini didiskusikan dalam IFAB AGM pada 2 Maret.”


Penerapan Sin-Bins di Sepak Bola

Pada bulan November 2023, International Football Association Board (IFAB) mengumumkan bahwa sin-bins akan diterapkan dalam pertandingan di “tingkat yang lebih tinggi” setelah sebelumnya diuji coba dalam pertandingan di tingkat dasar.

Penerapan sin-bins ini diyakini dapat melindungi wasit dari tindakan kekerasan.

Sin-bins, yang juga dikenal sebagai pemberhentian sementara, telah diujicoba di Inggris sejak musim 2019-2020, melibatkan 31 pertandingan dasar dalam pengujian ini.

Sin-bins mengimplikasikan bahwa pemain akan mendapatkan kartu kuning dan harus keluar dari lapangan selama 10 menit.

Menurut Football Association, aturan tersebut dapat mengurangi perselisihan pendapat sebanyak 38 persen. 

Macam-Macam Kartu Warna Lain Pernah Digunakan Oleh Wasit

  • Kartu Putih: Kartu ini berarti permainan yang adil dan dikenalkan oleh Portuguese Football Federation. Kartu ini ditujukan untuk mempromosikan sikap sportif. 
  • Kartu Hijau: Liga sepak bola Serie B menggunakan kartu hijau untuk mempromosikan sikap sportif dan permainan yang adil. Kartu ini juga dapat membantu wasit membuat keputusan yang tepat. 
  • Kartu Hitam: Gaelic Athletic Association (GAA), yang notabene merupakan organisasi olahraga di Irlandia, menggunakan kartu hitam untuk pemain yang melakukan pelanggaran. Pemain yang menerima kartu ini harus keluar lapangan selama 10 menit.

Sumber: Euronews,The Independent & Gaelic Athletic Association (GAA)

Komentar0

Type above and press Enter to search.