TfMlGpA0TSd6GUd6GSGlBUM9BY==

Rawan Longsor, 3 TPS di Purwakarta Dipindah ke Tempat Aman

 

ADSRADIOFM.COM - Tiga tempat pemungutan suara (TPS) di lokasi longsor di Gunung Anaga, Kampung Pamalayan, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan direlokasi ke area yang lebih aman.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purwakarta, Dian Hadiana, tiga TPS tersebut dipindahkan karena wilayah tersebut berada dalam zona kuning.

“Dikhawatirkan terjadi longsor susulan atau bencana alam lainnya, sehingga tiga TPS yang berada di Kampung Pamalayan dipindahkan ke lokasi yang lebih aman,” ucap Dian saat dihubungi awak media, Senin, 5 Februari 2024.

Dian menyampaikan bahwa TPS 12, 13, dan 14 di Kampung Pamalayan akan dipindahkan ke lapangan sepakbola Cikakak dan SDN 2 Sukamulya.

Heryadi Erlan, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purwakarta, menjelaskan bahwa keputusan untuk memindahkan tiga TPS tersebut dilatarbelakangi oleh kekhawatiran akan kemungkinan terjadinya longsor susulan di Gunung Anaga.

Apalagi, ia mengatakan, intensitas hujan diprediksi tinggi pada bulan Februari 2024 di Kabupaten Purwakarta.

“Terkait dengan pemindahan ini memang kita juga menurut perkiraan BMKG untuk di bulan Februari curah hujan cukup tinggi, tentunya kita juga harus mengantisipasi dan mewaspadai terjadinya longsor susulan,” ucapnya.

Di samping itu, dalam musim hujan, BPBD Purwakarta memberikan peringatan kepada KPU Purwakarta untuk lebih berhati-hati dalam proses distribusi dan penyimpanan logistik pemilu, demi mencegah kerusakan akibat hujan.***

Komentar0

Type above and press Enter to search.